Sabtu, 23 April 2011

Karya Sempurna yg sudah SELESAI

KEMATIAN Kristus di kayu SALIB memastikan telah diselesaikannya secara sempurna pekerjaan pendamaian antara manusia dengan Allah sehingga manusia tidak usah berbuat atau menambah apa-apa lagi untuk mendapatkan KARYA KESELAMATAN KEKAL. Seluruh ganjaran hukuman, harga penderitaan, beban pengorbanan telah dibayar lunas dengan darahNya yg sangat amat mahal.
Bagaimana kita dapat mempercayai bahwa karya Kristus dikayu salib mempresentasikan telah selesainya pekerjaan besar menyelamatkan seluruh umat manusia yg telah jatuh dalam dosa?

Yohanes 19 : 30
Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai  . " Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya


Study Kata:
Kata "sudah selesai" ; Finish It (inggris) dari akar kata (Bhs. Yunani) " TETELESTAI" hanya satu kata saja tetapi kaya dengan makna:


Kata Kerja: "Teleo" yg berarti: menyelesaikan, melengkapi, mengakhiri (selesai menyingahi kota-kota atau selesaikan pekerjaan di kota-kota , memenuhi, menggenapi, melaksanakan, mencapai; berakhir, selesai; bayar (pajak); mentaati, mematuhi (hukum).


Gramatikal: Past Perfect Tense: artinya ini adalah tindakan yg sudah diselesaikan pada masa lalu tetapi pengaruhnya masih berlaku sampai saat ini.


Bahasa Sastra Tetelestai :
a. Berkaitan dengan Perjalanan: Orang telah mengakhiri perjalanan mengunjungi kota-kota di Israel.
b. Berkaitan dengan Transaksi:  Orang yg telah selesai membayar upeti (pajak) secara lunas.
c. Berkaitan dengan Seni: Orang yg telah menyelesaikan pekerjaan pembuatan karya lukisan atau pemahatan.
d. Berkaitan dengan Profesi: Orang yg telah menyelesaikan pekerjaannya secara tuntas.


Apa Relevasinya Tetelestai dengan pekerjaan salib Yesus:


Ungkapan TETELESTAI adalah Proklamasi kemenangan Kristus yg telah menyelesaikan pekerjaan keselamatan yg digemakan kepada seluruh semesta: 
a. Kepada Allah Bapa sebagi pribadi yg mengutusNya
b. Kepada semua umat manusia sebagai sasaran keselamatan.
c. Kepada iblis sebagai pihak yg merusakkan dan hendak menggagalkan rancangan Allah dalam diri manusia.
d. Kepada warga kerajaan Sorga untuk memberitahukan bahwa pekerjaan Kristus sebagai Anak Allah telah selesai digenapi.


Secara faktual pekerjaan salib Kristus yg telah dinyatakan sudah selesai atau Tetelestai memberikan pesan moral secara khusu kepada kita:


1. Pekerjaan pelayanan Kristus dibumi sudah selesai.


2. Tuntutan Keadilan Allah telah digenapi secara memuaskan dalam kesengsaraan Yesus.


a. Pergulatan menghadapi penderitaan di taman Getsemane mengakibatkan "Hematidrosis"  Istilah klinis yg menjelaskan . "Sekitar kelenjar keringat, ada beberapa pembuluh darah dalam bentuk seperti jaring. Di bawah tekanan stres besar kapal mengerut. Lalu sebagai kecemasan melewati pembuluh darah melebar ke titik pecah.. Darah masuk ke kelenjar keringat . Sebagai kelenjar keringat memproduksi keringat banyak, itu mendorong darah ke permukaan - keluar sebagai tetesan darah bercampur dengan keringat .


b. Totalitas penderitaan Yesus dikayu salib menyebabkan " Asphysia" adalah sebuah kondisi kekurangan pasokan oksigen ke tubuh yang timbul karena tidak dapat bernapas secara normal. 


seluruh keadilan Allah telah dipuaskan atas nama umat-Nya ketika Kristus mati di kayu Salib. Ketika Kristus berseru, “Sudah selesai,” Ia telah memperdamaikan antara Allah dan manusia – arena keadilan Allah telah dipuaskan dengan kematian Kristus di kayu Salib itu.


Seluruh kemungkinan penghukuman atas dosa semua telah dibayar lunas oleh Kristus di atas kayu Salib.“Tetelestai! Itu sudah selesai! Segala sesuatu yang diperlukan bagi keselamatan Anda sudah diselesaikan oleh Kristus di atas kayu Salib!


3. Seluruh Nubuatan dan Typologi Pengorbanan sudah selesai:


a. Seluruh nubuatan tentang pengorbanan Kristus telah selesai.

Pada waktu Ia berkata, “Sudah selesai.” berarti seluruh Kitab dari awal sampai akhir, baik dalam Taurat maupun Kitab Para Nabi, telah digenapi di dalam Dia… Dan tak satupun nubuatan, entah yang mereka terima di Babilonia, atau di Samaria, atau di Yudea, yang sekarang belum digenapi , semua sudah terpenuhi dan sudah selesai di dalam Kristus Yesus.

b. Seluruh Typology korban penghapus dosa sudah selesai
Penantian para Nabi dari zaman Nuh, Abraham, Ishak, Yakub, yg harus mengadakan ritual keagamaan secara ketat menurut hukum Torat: dengan membawa binatang korban untuk disembelih dan tanda perkenan Tuhan melalui asap yang mengepul dari mezbah dan korban pencurahan darah. Sekarang ini telah digenapi ketika Kristus berseru.


Perhatikan Harun dan para imam besar dan orang-orang Lewi, setiap pagi dan malam mempersembahkan anak domba sebagai korban dan berkata, “Tuhan, kapan korban ini akan berakhir? Kapan ini akan selesai? Akankah ini berakhir?” Dan kemudian dengarkan Kristus di atas kayu Salib berseru,“Sudah selesai.”Sudah selesai! Sudah selesai! 
Setiap lembu jantan muda dan anak domba yang dikorbankan oleh umat Allah di bawah Perjanjian Lama telah berakhir dalam kematian Kristus, ketika Ia berseru.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar