Sabtu, 23 Oktober 2010

1. Belajar Biola

Pendahuluan Dan Tujuan Panduan Dasar Belajar Biola
Secara otodidak, piano dan gitar dapat dipelajari seseorang hanya dengan melihat orang lain bermain. Tetapi saat kita dihadapkan pada sebuah instrumen musik yang tidak memiliki grip (pembatas nada seperti yang terdapat pada gitar), pertanyaan terbesar orang awam adalah “bagaimana membunyikan nadanya? kan tidak ada gripnya?…”, ini sebuah keunikan yang sebenarnya merupakan tantangan.
Melalui blog ini, saya ingin berbagi untuk mencoba membantu teman-teman yang ingin bermain biola tetapi tidak memiliki petunjuk sebagai panduan. Apa yang saya uraikan disini merupakan cara mengajar saya (pengembangan dari para guru saya), yang dirangkum dengan beberapa metode lain dari berbagai sumber.
Nah, disini, teman-teman dituntut sudah bisa membedakan tinggi rendahnya nada dalam lintasan nada paling dasar yaitu “solmisasi” atau “do-re-mi-fa-so-la-si-do”, yang disebut sebagai tangga nada. Dan, teman-teman sudah bisa (bukan mahir) mendengar dan membunyikan kembali dengan suara sendiri (menyanyikan) bagaimana bunyi nada do, re, mi,… dan seterusnya.
Harapan saya semoga apa yang saya uraikan disini dapat menjadi petunjuk yang cukup baik bagi anda yang ingin belajar biola secara mandiri. Saya berterima kasih dan sangat menghargai komentar dan respon pengunjung, agar panduan belajar biola pada blog ini dapat menjadi sumber informasi yang baik. Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar