Rabu, 16 Februari 2011

Mengalikan Bilangan Menggunakan Rabdologia (Napier’s Bones) Part 2



Sekarang kita lanjutkan pembahasan yang belum tuntas pada tulisan sebelumnya, mengenai cara mengalikan bilangan menggunakan rabdologia atau Navier’s bones. Jadi, bagi yag belum membaca tulisan sebelumnya, harap baca dan pahami terlebih dahulu tulisan itu. Anda bisa membacanya di sini.
Kita akan coba selesaikan contoh soal berikut ini.
Contoh
Hitunglah 48 x 73!
Jawab:
Langkah 1
Kita buat buat empat kotak untuk membantu perhitungannya, dengan digit-digit bilangan yang akan dikalikan ditulis di bagian atas dan samping kanan kotak.
Langkah 2
Kalikan masing-masing digit angka yang bersesuaian, dan tulis hasilnya di tempatnya masing-masing.
Langkah 3
Jumlahkan masing-masing angka pada setiap kotak menurut garis diagonalnya yang sesuai.
Langkah 4
Seperti biasa, hasil perhitungan ditulis berturut-turut dibagian bawah dan samping kiri kotak. Perhatikan, bahwa kita tidak langsung akan mendapatkan hasilnya sampai tahap ini. Tentunya 48 x 73 itu bukankanlah 214104 kan?
Pada baris diagonal (yang akan menjadi digit puluhan) diperoleh 10, maka kita tulis 0 sebagai digit puluhannya, dan kita ambil 1 untuk ditambahkan pada barisan diagonal berikutnya (14) yang akan menjadi digit ratusan.
Pada baris diagonal (yang akan menjadi digit ratusan) diperoleh 15 karena 14 ditambahkan dengan 1 yang diambil tadi. Maka kita tulis 5 sebagai digit ratusannya, dan kita ambil 1 untuk ditambahkan pada barisan diagonal berikutnya (2) yang akan menjadi digit ribuan.
Pada baris diagonal (yang akan menjadi digit ribuan) diperoleh 3 karena 2 ditambahkan dengan 1 yang diambil tadi.
Hasil perhitungan di atas kita tulis berturut-turut dari pojok kanan bawah ke kiri, lalu ke atas. Dimulai dari digit satuan, puluhan, ratusan dan ribuan.
Jadi, hasil dari 48 x 73 adalah 3504.
Teknik perhitungan dengan rabdologia ini bisa juga digunakan untuk bilangan lebih dari dua digit. Cobalah Anda bereksperimen dan melakukan eksplorasi dengan Napier’s bones Anda!
Related posts:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar